TUGAS MERANCANG KAPAL 1

PERHITUNGAN LINES PLAN

( METODE FORM DATA)

A.UKURAN UTAMA KAPAL

TIPE KAPAL : GENERAL CARGO

NAMA KAPAL : KM. AYUB-AROPA

Lpp : 89,50 m

B : 17,40 m

H : 12,20 m

T : 6.91 m

Vs : 12,00 knot

DWT : 6000 ton

B. PERHITUNGAN RENCANA GARIS

1. Menghitung Koefisien Blok (Cb)

· Metode Pendekatan Van Lammeren :

Cb = 1,137 – 0,6×V/√L

Dengan : V = kecepatan dinas (m/s)

= 12,00 knot (1 Knot = 0,5144 m/s) = 6,17 m/s

L = Lpp = 89,50 m

Cb = 1,137 - 0,6 x 6,17 / √ 89,50

= 0,75 ( memenuhi )

Nilai Cb yang diperoleh 0,75 berarti nilai ini sesuai tabel.

· Metode pendekatan F.H. Alexander

Cb = 1,04 −

Dengan : V = kecepatan dinas (m/s)

= 12,00 knot = 6,17 m/s

L = Lpp = 89,50 m

Cb =1,04 −

= 0,71 ( tidak memenuhi )

Nilai Cb yang diperoleh 0,71 berarti nilai ini tidak sesuai pada tabel.

· Metode pendekatan Ayre :

Dengan : V = kecepatan dinas (m/s)

= 12,00 knot = 6,17 m/s

L = Lpp = 89,50 m

Jika = 0,65 maka :

Cb = 1,045 −

= 0,72 ( tidak memenuhi )

Nilai Cb yang diperoleh 0,72 berarti nilai ini tidak sesuai pada tabel.

Catatan:

Dari hasil perhitungan nilai Cb, semua nilai yang telah dihitung tidak memenuhi daftar koefisien perbandingan ukuran utama kapal, dengan membandingkan nilai T/H,B/H,L/H,T/B,&L/B maka diputuskan untuk menggunakan Cb = 0,75.

DAFTAR KOEFISIEN BENTUK DAN

PERBANDINGAN UKURAN UTAMA KAPAL

No

Type Kapal

L/B

T/B

B/H

T/H

L/H

Cb

1.

Kapal cepat besar

(Vd = 22 Knot)

8,50-9,90

0,37-0,43

1,45-1,55

0,58-0,66

12,80-14,90

0,59-0,63

2.

Kapal barang besar

(Vd = 15-18 Knot)

8,90-9,00

0,40-0,50

1,50-1,70

0,64-0,80

13,30-15,00

0,78-0,84

3.

Kapal barang besar

(Vd = 10-15 Knot)

7,00-8,50

0,40-0,50

1,50-1,80

0,66-0,82

11,60-14,00

0,75-0,82

4.

Kapal sedang

6,00-8,00

0,40-0,50

1,55-2,20

0,70-0,99

11,00-15,40

0,73-0,80

5.

Kapal cepat

jarak pendek

(Vd = 16-23 Knot)

7,50-8,50

0,25-0,35

1,60-1,70

0,41-0,58

12,40-14,00

0,49-0,59

6.

Kapal ikan

5,00-6,00

0,45-0,48

1,60-1,80

0,74-0,84

8,50-10,00

0,45-0,55

7.

Kapal tunda samudera

4,50-6,00

0,37-0,47

1,65-1,85

0,65-0,82

7,90-10,50

0,55-0,63

8.

Kapal tunda pelabuhan

3,50-5,50

0,37-0,46

1,73-2,20

0,73-0,90

7,80-10,00

0,44-0,55

9.

Kapal-kapal kecil

6,00-8,50

0,35-0,45

1,50-1,70

0,56-0,72

9,60-13,60

0,45-0,60

10.

Kapal-kapal motor kecil (layar)

3,20-6,30

0,30-0,50

-

0,60-0,30

6,00-11,00

0,50-0,66

2. Menentukan Panjang Kapal ( LWL )

LWL = Lpp + ( 2 – 5 ) % Lpp

= 89.50 + 4 % Lpp

= 89.50 +4 % 89,50

= 93,08 m

3. Menentukan Jarak Station

Jumlah keseluruhan Station dari AP – FP = 20 Station

h Main Part = Lpp / 10

= 89,50 / 10

= 8,95 m

h Can Part = ( LWL – Lpp ) / 2

= (93,08 - 89,50 ) / 2

= 1,79 m

4. Menentukan Volume

Volume LPP = Lpp x B x T x Cb

= 89,50 x 17.40 x 6,91 x 0,75

= 8070,71 m

Volume LWL = LWL x B x T x Cb

= 93,08 x 17.40 x 6,91x 0,75

= 8393,54 m

5. Menentukan Luas Midship

Luas midship = B x T x Cm

Menentukan Cm dengan metode pendekatan Chirilia

Cm = ( 0,08 x Cb ) +0,93

= ( 0,08 x 0,75 )+ 0,93

= 0,99

Catatan= nilai Cm yang diperoleh tidak sesuai dengan ketentuan Cm pada form data dimana nilai yang mendekati adalah 0,98 dan 0,995. maka kami ambil yang lebih mendekati yaitu Cm = 0,995

Luas midship = B x T x Cm

= 17,40 x 6,91 x 0,995

= 119,63 m

6. Menentukan LCB

Untuk menentukan LCB dipakai rumus pendekatan dari Guldhammer / Formdata

LCB = -43,5 x Fn + 9,2 ( % Lpp )

Mencari nilai Fn dengan rumus:

Fn =

Dimana V : Kecepatan dinas (m/s)

g : gaya gravitasi (m/s2)

L : Lpp (m)

Fn : Froude number

Fn = V /

= 6,17 /√9,8×89,50

= 0,21

LCB = -43.5 x 0,21 + 9,2 ( % Lpp )

= 0,065 % Lpp

= 0,058 m ( didepan midship )

7. Menentukan harga dan

Berdasarkan Form Data IV Diagram Combination Section, nilai dan

= 0,74

= 0,76

8. Menentukan CSA

Untuk CSA digunakan Formdata II untuk bagian depan kapal ( FP )

Yaitu dan = 0.76

Grafik Non dimensional Areas of Sections U1F dan bagian belakang kapal

( AP ) dan = 0.74 tipe Formdata II

Grafik Non dimensional Areas of Sections U1A

Postingan populer dari blog ini

PROSES PEMBANGUNAN KAPAL

PENGERJAAN REPARASI KAPAL