TUGAS MERANCANG KAPAL 1
PERHITUNGAN LINES PLAN
( METODE FORM DATA)
A.UKURAN UTAMA KAPAL
TIPE KAPAL : GENERAL CARGO
NAMA KAPAL : KM. AYUB-AROPA
Lpp : 89,50 m
B : 17,40 m
H : 12,20 m
T : 6.91 m
Vs : 12,00 knot
DWT : 6000 ton
B. PERHITUNGAN RENCANA GARIS
1. Menghitung Koefisien Blok (Cb)
· Metode Pendekatan Van Lammeren :
Cb = 1,137 – 0,6×V/√L
Dengan : V = kecepatan dinas (m/s)
= 12,00 knot (1 Knot = 0,5144 m/s) = 6,17 m/s
L = Lpp = 89,50 m
Cb = 1,137 - 0,6 x 6,17 / √ 89,50
= 0,75 ( memenuhi )
Nilai Cb yang diperoleh 0,75 berarti nilai ini sesuai tabel.
· Metode pendekatan F.H. Alexander
Cb = 1,04 −
Dengan : V = kecepatan dinas (m/s)
= 12,00 knot = 6,17 m/s
L = Lpp = 89,50 m
Cb =1,04 −
= 0,71 ( tidak memenuhi )
Nilai Cb yang diperoleh 0,71 berarti nilai ini tidak sesuai pada tabel.
· Metode pendekatan Ayre :
Dengan : V = kecepatan dinas (m/s)
= 12,00 knot = 6,17 m/s
L = Lpp = 89,50 m
Jika = 0,65 maka :
Cb = 1,045 −
= 0,72 ( tidak memenuhi )
Nilai Cb yang diperoleh 0,72 berarti nilai ini tidak sesuai pada tabel.
Catatan:
Dari hasil perhitungan nilai Cb, semua nilai yang telah dihitung tidak memenuhi daftar koefisien perbandingan ukuran utama kapal, dengan membandingkan nilai T/H,B/H,L/H,T/B,&L/B maka diputuskan untuk menggunakan Cb = 0,75.
DAFTAR KOEFISIEN BENTUK DAN
PERBANDINGAN UKURAN UTAMA KAPAL
No | Type Kapal | L/B | T/B | B/H | T/H | L/H | Cb |
1. | Kapal cepat besar (Vd = 22 Knot) | 8,50-9,90 | 0,37-0,43 | 1,45-1,55 | 0,58-0,66 | 12,80-14,90 | 0,59-0,63 |
2. | Kapal barang besar (Vd = 15-18 Knot) | 8,90-9,00 | 0,40-0,50 | 1,50-1,70 | 0,64-0,80 | 13,30-15,00 | 0,78-0,84 |
3. | Kapal barang besar (Vd = 10-15 Knot) | 7,00-8,50 | 0,40-0,50 | 1,50-1,80 | 0,66-0,82 | 11,60-14,00 | 0,75-0,82 |
4. | Kapal sedang | 6,00-8,00 | 0,40-0,50 | 1,55-2,20 | 0,70-0,99 | 11,00-15,40 | 0,73-0,80 |
5. | Kapal cepat jarak pendek (Vd = 16-23 Knot) |
7,50-8,50 |
0,25-0,35 |
1,60-1,70 |
0,41-0,58 |
12,40-14,00 |
0,49-0,59 |
6. | Kapal ikan | 5,00-6,00 | 0,45-0,48 | 1,60-1,80 | 0,74-0,84 | 8,50-10,00 | 0,45-0,55 |
7. | Kapal tunda samudera | 4,50-6,00 | 0,37-0,47 | 1,65-1,85 | 0,65-0,82 | 7,90-10,50 | 0,55-0,63 |
8. | Kapal tunda pelabuhan | 3,50-5,50 | 0,37-0,46 | 1,73-2,20 | 0,73-0,90 | 7,80-10,00 | 0,44-0,55 |
9. | Kapal-kapal kecil | 6,00-8,50 | 0,35-0,45 | 1,50-1,70 | 0,56-0,72 | 9,60-13,60 | 0,45-0,60 |
10. | Kapal-kapal motor kecil (layar) | 3,20-6,30 | 0,30-0,50 | - | 0,60-0,30 | 6,00-11,00 | 0,50-0,66 |
2. Menentukan Panjang Kapal ( LWL )
LWL = Lpp + ( 2 – 5 ) % Lpp
= 89.50 + 4 % Lpp
= 89.50 +4 % 89,50
= 93,08 m
3. Menentukan Jarak Station
Jumlah keseluruhan Station dari AP – FP = 20 Station
h Main Part = Lpp / 10
= 89,50 / 10
= 8,95 m
h Can Part = ( LWL – Lpp ) / 2
= (93,08 - 89,50 ) / 2
= 1,79 m
4. Menentukan Volume
Volume LPP = Lpp x B x T x Cb
= 89,50 x 17.40 x 6,91 x 0,75
= 8070,71 m
Volume LWL = LWL x B x T x Cb
= 93,08 x 17.40 x 6,91x 0,75
= 8393,54 m
5. Menentukan Luas Midship
Luas midship = B x T x Cm
Menentukan Cm dengan metode pendekatan Chirilia
Cm = ( 0,08 x Cb ) +0,93
= ( 0,08 x 0,75 )+ 0,93
= 0,99
Catatan= nilai Cm yang diperoleh tidak sesuai dengan ketentuan Cm pada form data dimana nilai yang mendekati adalah 0,98 dan 0,995. maka kami ambil yang lebih mendekati yaitu Cm = 0,995
Luas midship = B x T x Cm
= 17,40 x 6,91 x 0,995
= 119,63 m
6. Menentukan LCB
Untuk menentukan LCB dipakai rumus pendekatan dari Guldhammer / Formdata
LCB = -43,5 x Fn + 9,2 ( % Lpp )
Mencari nilai Fn dengan rumus:
Fn =
Dimana V : Kecepatan dinas (m/s)
g : gaya gravitasi (m/s2)
L : Lpp (m)
Fn : Froude number
Fn = V /
= 6,17 /√9,8×89,50
= 0,21
LCB = -43.5 x 0,21 + 9,2 ( % Lpp )
= 0,065 % Lpp
= 0,058 m ( didepan midship )
7. Menentukan harga dan
Berdasarkan Form Data IV Diagram Combination Section, nilai dan
= 0,74
= 0,76
8. Menentukan CSA
Untuk CSA digunakan Formdata II untuk bagian depan kapal ( FP )
Yaitu dan = 0.76
Grafik Non dimensional Areas of Sections U1F dan bagian belakang kapal
( AP ) dan = 0.74 tipe Formdata II
Grafik Non dimensional Areas of Sections U1A