MARIFEST 2012

1.      Nama Kegiatan
“Maritime Festival 2012 and 10th of Anniversary S1 Naval Architecture Diponegoro University”
2.      Tema Kegiatan
“EXPLORE YOUR CREATIVITY AND INNOVATION AS NATIONAL MARITIME POTENSIAL”
3.      Landasan Kegiatan
Kegiatan ini berlandaskan pada:
a)      Tri Dharma Perguruan Tinggi.
b)      Program Kerja Himpunan Mahasiswa S1 Teknik Perkapalan Fakultas TeknikUniversitas Diponegoro tahun 2011.
c)      Program Kerja Departemen Pendidikan, Departemen Pengabdian Masyarakat, dan Departemen Minat dan Bakat HIMASPAL.

4.      Latar Belakang Kegiatan
Indonesia merupakan Negara maritim dengan garis pantai terpanjang di dunia.Dibukanya Program Studi atau Jurusan Teknik Perkapalan adalah salah satu jawaban untuk mensuplai sumberdaya manusia yang handal terhadap kebutuhan tenaga ahli di bidang maritim.
Maritime Festival 2012 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro (MARIFEST 2012) merupakan salah satu wadah tempat berkumpulnya para mahasiswa teknologi dan industri maritim khususnya teknik perkapalan. MARIFEST 2012 juga bertepatan dengan tahun jadinya S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro yang Ke-10 (Dies Natalis Universitas Diponegoro yang Ke-10) dengan bertepatannya Maritim Festival 2012 (MARIFEST 2012) akan mengundang para mahasiswa teknologi dan industri maritim se-Indonesia. Maritime Festival 2012 merupakan ajang lomba bagi para mahasiswa teknik dan para pelajar SMA sebagai langkah awal dalam melahirkan SDM maritim yang berkualitas dan mempunyai daya saing di lingkungan kerja.
Selain dari pada itu, MARIFEST 2012 merupakan kegiatan yang dapat  memantapkan dan meningkatkan potensi-potensi kemaritiman untuk kemajuan bangsa indonesia.Dan kegitan Maritime Festival ini merupakan tempat dimana perusahaan dan industri terkait (galangan, indrustri pendukung galangan, klasifikasi, migas, pelayaran, dan shipping company) dihubungkan dengan masyarakat akademisi di lingkungan universtias ataupun institusi. Selain itu, MAERIFEST 2012 merupakan salah satu cara sosialisasi jurusan yang mempunyai konsentrasi terhadap dunia meritim yang notabene kurang familiar di masyarakat Indonesia, sebagai masyarakat bahari. Dan Semoga Maritim Festival Undip dapat lebih berkembang dan menjadi kegiatan kemaritiman tahunan  di tingkat internasional.

5.      Tujuan Kegiatan
1.   Sarana berkumpulnya mahasiswa konsentrasi teknologi maritim dan industri maritim.
2.   Memantapkan kreatifitas and inovasi generasi-generasi kosentrasi teknologi maritim dan industri maritim.
3.   Merintis sikap rasa ingin membangun dan peduli terhadap kemaritiman bangsa indonesia
4.   Melahirkan dan mengembangkan teknologi maupun gagasan tertulis untuk kemajuan bahari Indonesia.
5.   Tempat pengenalan, berkereasi dan lomba para pelajar SMA yang berbasiskan kemaritiman.
6.   Pencarian bakat bagi para pelajar SMA dengan mengusung tema “Indonesia  Negara Kemaritiman”.
7.   Pengembangan dan sosialisasi masyarakat khususnya masyarakat pesisir pantai
8.   Pengenalan tempat wisata dan tempat edukasi basis maritim di kota semarang kepada mahasiswa teknologi maritim.
9.   Sarana untuk menghubungkan pemerintah,perusahaan dan industri terkait dengan  dihubungkan dengan masyarakat akademisi di lingkungan universtias ataupun masyarakat pesisir.
6.      Sasaran Kegiatan
1.   Pelajar SMA se – Kabupaten dan Kota Semarang
2.   Mahasiswa Teknologi dan Industri Kemaritiman se- Indonesia
3.   Mahasiswa UNDIP (Universitas Diponegoro)
4.   PERHIMATEKMI (Perhimpunan Mahasiswa Maritim Indonesia)
5.   Masyarakat Pesisir Laut Wilayah Semarang
7.      Bentuk Kegiatan
Kegiatan MARIFEST 2012 berlangsung selama enam hari. Tempat kegiatan antara lain di lingkungan kampus FT UNDIP, Pesisir Pantai, dan tempat-tempat wisata kota Semarang. Secara umum, kegiatan selama enam hari itu dijelaskan seperti di bawah ini.

Hari ke-1 :
            Seminar Nasional
Seminar tentang Kemaritiman yang membahas tema yag lebih kompleks tentang kemaritiman bangsa yang harus dioptimalkan potensi maritim Indonesia.Sasaran kegiatan ini untuk mahasiswa se-Indonesia. Seminar ini akan mengangkat tema “POTENSI-POTENSI DI PULAU KALIMANTAN SEBAGAI PUSAT KEMARITIMAN TAHUN 2030.” Dan seminar ini bertujuan memberikan pengetahuan dasar untuk mahasiswa tentang kebijakan pemerintah yang mempengaruhi kosentrasi teknologi dan industri kemaritiman.Dan bagaimana kita menanggapi kebijakan itu. Seminar ini akan mengundang Mentri Perikanan dan Kelautan, Mentri ESDM dan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Pusat).

Barbeque In Action
Jamuan awal bagi para mahasiswa Teknik Perkapalan dan mahasiswa konsentrasi teknologi dan industri maritim se-Indoensia dalam rangka penyambutan dan adaptasi awal terhadap lingkungan semarang yang dilaksanakan secara sederhana, yaitu tradisi bakar jagung dan penampialan Pentas Seni dari mahasiswa baru 2012 Teknik Perkapalan UNDIP.Kegiatan ini juga mempunyai tujuan untuk mengenalkan kondisi Program Studi Teknik Perkapalan UNDIP dan kesempatan untuk berdiskusi antara para tamu undangan dengan para dosen Teknik Perkapalan UNDIP serta Pengrus HIMASPAL untuk lebih mempererat dan menyatukan misi memajukan maritim Indonesia.

Hari ke-2 :
Design and Controling Boat Competition (DECONBOTION) “Fire and Rescue Boat”
Design and Controling Robotboat Competition (DECONBOTION) adalah suatu ajang pembuatan miniatur kapal yang dilengkapi dengan remote control, untuk selanjutnya miniatur kapal tersebut dilombakan dalam race untuk menguji kemampuannya. Kegiatan ini dengan inovasi baru yaitu membuat bentuk kapalnya dengan model kapal Katamaran. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa se-Indonesia. Dalam ajang ini, peserta dibimbing oleh panitia diminta untuk membuat bentuk bangunan kapal sebagaimana mestinya yang mengandung unsur teknis, kreatifitas, dan inovasi teknologi kemaritiman. Kegiatan ini adalah salah satu yang  menjadi inovasi baru yang kami buat untuk meningkatkan kreatifitas kita. Dan juga dengan bertepatan dengan dies natalis Universitas Diponegoro yang ke-10 kami juga turut mengundang Mahasiswa teknoloogi dan indutri kemaritiman se-Indonesia.

Naval Acoustic Day “Indonesia Negara Kemaritiman”
Kegiatan ini merupakan ajang dengan tema “Indonesia Negara Kemaritiman” yang diikuti oleh siswa didaerah Kota Semarang. Ide Pemikiran dan kreasi siswa-siswa yang dituangkan dalam bentuk seni musik akustik. Ajang kreatifitas siswa SMA dalam pembuatan “jinggel” untuk ucapan selamat hari jadi yang ke-10 S1 Teknik Perkapalan UNDIP dan kreatifitas dalam mengaransement sebuah lagu bebas. Kreatifitas yang dibuat direkam dan dibuat kedalam CD untuk diseleksi terlebih dahulu oleh juri-juri Naval Acoustic Day untuk menjadi finalis di babak final. Dan kreasi-kreasi terbaik itu wajib dipresentasikan di depan dewan juri-juri Naval Acoustic Day pada saat final sambil memperlihatkan kreasi-kreasi mading masing-masing tim. Pemenang akan ditampilkan dalam kegiatan Harmony Navalizm yang akan disaksikan oleh mahasiswa kosentrasi teknologi dan industri kemaritiman se-Indonesia.

Hari ke-3 :
Education Tour For Navalist
Kunjungan ke tempat basis pendidikan kemaritiman ke Semarang Growth Center (SGC) dan . Kegiatan ini merupakan kegiatan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dibidang kemaritiman dan sekaligus mengenalkan objek-objek kemaritiman di Jawa Tengah.Sasaran kegiatan ini untuk tamu undangan kosentrasi teknologi dan industri Kemaritiman se-Indonesia.

Hari 4 :
Bakti Sosial dan Ajakan Merawat Laut (BAJAK LAUT)
Kegiatan ini dilakukan di wilayah desa dekat pesisir laut yang berguna mengajak mahasiswa tamu undangan kosentrasi teknologi dan industri kemaritiman se-Indonesia untuk berpartisipasi di sekitar laut untuk melakukan bakti sosial dan penanaman mangrove di sekitar pantai.
Kegiatan ini mengangkat tema “Indah Bahari BangsaKu“.Infrastruktur pendidikan juga dilibatkan dalam bakti sosial sekitar pesisir laut ini, yaitu dengan mengunjungi SD sekitar dan berinteraksi dengan mereka.Dengan tujuan ke Desa Binaan S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro yang ada didaerah Demak Jawa Tengah.

Wisata Kuliner Kota Semarang
Kegiatan ini merupakan kegiatan santai dan waktu untuk mengenalkan kota semarang beserta tempat-tempat wisata serta kesempatan bagi mahasiswa tamu undangan dalam mencari buah tangan khas Semarang. Para tamu undangan akan disuguhi dengan masakan-masakan khas Semarang.

Hari 5 :
Pelatihan Profesi
Pembekalan ilmu aplikatif  kepada para mahasiswa S1 Teknik Perkapalan Undip dan mahasiswa tamu undangan kosentrasi teknologi dan industri kemaritiman untuk meningkatkan daya saing mahasiswa ketika lulus kelak dengan pelatihan hardskill aplikatif dan softskillnya  Kegiatan ini akan mengumpulkan peserta undangan mahasiswa kosentrasi teknologi dan industri kemaritiman se-Indonesia yang mengikuti kegitan DECONBOTION dan juga para ahli dan instusi yang terkait dibidang kemaritiman untuk membuat suatu pelatihan software untuk “Teknik Perancangan Kapal” yang semoga akan bermanfaat untuk kemajuan kemaritiman Indonesia.
Marine Futsal
Futsal yang diwakili oleh para delegasi tamu undangan kosentrasi teknologi dan industri kemaritiman se-Indonesia.Kegiatan ini merupakan wadah untuk lebih memperat hubungan dan ajang untuk memberikan hiburan dalam acara olahraga.

Hari 6 :
Harmony  Melodic Navalizm
Tema : “10 Tahun Bersama Menciptakan Generasi Maritime Bangsa”
1.      NAVALIZM
Kegiatan pentas seni menampilkan Minat dan bakat yang ada di S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro.
2.      IKAN TUNA (Inagurasi Angkatan Tahunan Naval Architecture)
Perayaan ulang tahun (dies natalis) yang ke-10 Program Studi S1 Teknik Perkapalan FT UNDIP
3.      CLOSING CEREMONY


8.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari                                   : Senin – Sabtu
Tanggal                             : 15 – 20 Oktober 2012
Tempat Pelaksanaan          :
·         Gedung Aula Teknik Sipil UNDIP Lt.3 – Tembalang
·         KODAM - Banyumanik
·         Gedung Dekanat FT UNDIP Lt.3 - Tembalang
·         Museum Bahari Yogkakarta, Wirobarajan - Yogjakarta
·         Desa Binaan HIMASPAL  – Demak
·         Lapangan Basket GKB FT UNDIP - Tembalang

9.      Susunan Panitia
Pelindung                          : Dekan Fakultas Teknik UNDIP
                                                  Ir. Bambang Pudjianto, M.T
Penasehat                          : Pembantu Dekan III Fakultas Teknik UNDIP            
                                                  Prof. Dr. Ir. Abdullah, MSi
Ketua Program Studi S1 Teknik Perkapalan FT UNDIP
  Eko Sasmito Hadi, ST, MT
Pembimbing                     : Dosen Kemahasiswaan HIMASPAL FT UNDIP
                                                 Ir. Imam Pujo Mulyatno, MT
                                                 Ari Wibawa Budi Santoso, ST, MSi
Penanggung jawab            :Ketua HIMASPAL FT UNDIP
                                                 Yusup Sobirin
Steering Commite    :Kepala Departement Pendidikan HIMASPAL FT    UNDIP 2011
Hendry Maringan Sibarani
Organizing Commite
Ketua                                : Josua Sahat Parulian Sinaga  21090110120059
Wakil Ketua                      : Wildan Ahmad S.                 21090110110060
Sekretaris                          : Fachrurrozi Setiawan            21090110110054
                                            Dina Kisnawati                     21090110120056
Bendahara                         : Boris De Palma Sitorus         21090110110024
                                            Benny Syahputra                  21090110120014
Koorlap                             : Wildan Ahmad S.                 21090110110060
Sie Acara                           : Rolan Purba                          21090110120001
Sie Perijinan                      : Azhabul Hayatul Fajar          21090110130070
Sie Sponsorship                 : Norman Yasser Arazi            21090110110055
Sie Tamu                           : Nanang Zarma                      21090110141021
Sie Pubdekdok                  : Egi Juniawan                         21090110110011
Sie Transportasi                 : Ramudi Sembiring                21090110120022       
Sie Perlengkapan               : Benny Adil M Napitupuluh  21090110110028
Sie Konsumsi                    : Bayu Adityo Nugroho          21090110120036
Sie Keamanan                   : Rachmad Bayu Perkasa        21090110141026
Sie Kesekretariatan           : Aditya Rio Prabowo             L2G009013
     




10 . Susunan Acara
1.                                       Seminar Nasional (SEMNAS)
Hari dan Tanggal        : Senin 15Oktober 2012
Tempat                        : Gedung Aula Teknik Sipil UNDIP Lt.3,Tembalang
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
07.30-08.30
Registrasi dan Pembagian Snack
Nanang Zarma dan Bayu Adityo
2.
08.30-09.00
Peserta sudah siap di ruangan
Wildan Achmad, Rolan Purba, dan Nofia Maranata
3.
09.00-09.30
Pembukaan, Menyanyikan Lagu Wajib dan Mars HIMASPAL
Rindianti wibowo
4.
09.30-11.00
Materi ke-I dan Pemberian Plakat
Wildan Achmad, Rolan Purba, dan Nofia Maranata
5.
11.00-11.15
Quiz
Norman Yasser Arazi
6.
11.15 -11.30
Hiburan
Wahyu Dwi
7.
11.30-11.45
Pembagian Makan Siang
Wildan Achmad, Rolan Purba, dan Nofia Maranata
8.
11.45-12.45
ISOMA
9.
12.45-13.00
Pesrta memasuki ruangan kembali
Wildan Achmad, Rolan Purba, dan Nofia Maranata
10.
12.45-14.15
Materi ke-II dan pemberian plakat
Wildan Achmad, Rolan Purba, dan Nofia Maranata
11.
14.15-14.30
Penutupan acara
Wildan Achmad, Rolan Purba, dan Nofia Maranata










2.   Barbeque in Action
Hari dan Tanggal        : Senin, 15 Oktober 2012
Tempat                        : Bukit Diponegoro - Tembalang
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan Industri   kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
19.30-20.00
Persiapan
Nanang Zarma dan Bayu Adityo
2.
20.00-20.15
Pembukaan
Ade Wisnu, Wildan Achmad, Rolan Purba, Ramudi Sembiring
3.
20.15-21.30
Bakar Jagung, Pentas Seni Mahasiswa Baeu 2012, diskusi kondisi di setiap Universitas
Ade Wisnu, Wildan Achmad, dan Rolan Purba
4.
21.30
Perjalanan pulang
Ramudi Sembiring

3.                                       Design and Controling Boat Competition (DECONBOTION)
Hari dan Tanggal        : Selasa, 16Oktober 2012
Tempat                        : KODAM - Banyumanik
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
07.30-08.00
Registrasi dan pembagian snackpagi
Nanang Zarma dan Bayu Adityo
2.
08.00-08.30
Perjalana menuju race perlombaan
Ramudi Sembiring
3.
08.30-09.30
Pembukaan dan pembacaan peraturan lomba
Irul dan Rolan Purba
4.
09.30-10.30
Trial
Irul
5.
10.30 -12.00
Mulai perlombaan
Irul
6.
12.00-13.00
Isoma
Bayu Adityo
7.
13.00-15.00
Lanjut perlomabaan
Rolan Purba dan Irul
8.
15.00-15.30
Istirahat dan Sholat
9.
15.30-16.30
Lanjut lomba
Rolan Purba dan Irul
10.
16.30-17.00
Pengumuman pemenang lomba dan pembagian sertifikat
Rolan Purba dan Irul
11.
17.00-17.30
penutupan
Rolan Purba dan Irul
12
17.30
Perjalanan pulang
Ramudi Sembiring
4.   Naval Acoustic Day
Hari dan Tanggal        : Selasa, 16Oktober 2012
Tempat                        : Gedung Dekanat FT UNDIP Lt.3, Tembalang
Sasaran Kegiatan        : Siswa SMA di Kota dan Kabupaten Semarang

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
07.30-08.00
Registrasi dan Pembagian Snack
Nanang Zarma dan Bayu Adityo
2.
08.00-08.30
Peserta sudah memasuki ruangan
Wahyu Dwi dan Wildan Achmad
3.
08.30-09.00
Pembukaan, Menyanyikan Lagu Wajib dan Mars HIMASPAL
Rindianti Wibowo
4.
09.00-11.30
Penampilan 5 tim SMA
Wahyu Dwi dan Wildan Achmad
5.
11.30-11.45
Quiz
Norman Yasser Arazi
6.
11.45 -12.00
Hiburan Maba 2012
Wahyu Dwi dan Wildan Achmad
7.
12.00-13.00
Istirahat dan Sholat
8.
13.00-15.00
Lanjut Penampilan 4 tim berikutnya
Wahyu Dwi dan Wildan Achmad
9.
15.00-15.30
Istirahat dan Sholat
10.
15.30-16.00
Lanjut Penampilan 1 tim berikutnya, Pengumuman Hasil Penilaian.
Wahyu Dwi dan Wildan Achmad
11.
16.00-16.30
Penutupan dan pemberian plakat kepada juri dan sertifikat kepada peserta
Wahyu Dwi, Wildan Achmad dan Egi juniawan

5.   Education Tour for Navalist
Hari dan Tanggal        : Rabu, 17 Oktober 2012
Tempat                        : Museum Bahari Yogkakarta, Wirobarajan Yogkakarta
Sasaran Kegiatan  : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan industri                kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
07.00-08.00
Persiapan dan Pembagian Snack
Nanang Zarma dan Bayu Adityo
2.
08.00-09.00
Perjalanan menuju PIP
Ade Wisnu, Wildan Achmad, Rolan Purba, Ramudi Sembiring
3.
09.00-11.00
Edukasi di PIP
Ade Wisnu, Wildan Achmad, dan Rolan Purba
4.
11.30-12.30
Perjalanan ke Mesjid Agung Semarang
Ade Wisnu dan Wildan Achmad
5.
12.30-13.30
ISOMA
6.
13.30 -14.30
Perjalanan ke SGC
Ade Wisnu, Wildan Achmad, Rolan Purba, Ramudi Sembiring
7.
14.30-16.00
Edukasi di SGC
Ade Wisnu, Wildan Achmad, dan Rolan Purba
8.
16.00-16.30
Penutupan
Ade Wisnu, Wildan Achmad, dan Rolan Purba
9.
16.30-17.00
Istirahat dan Sholat
Ade Wisnu, Wildan Achmad, dan Rolan Purba
10.
17.00
Perjalanan pulang
Ramudi Sembiring


6.   Bakti Sosial dan Ajakan Merawat Laut (BAJAK LAUT)
Hari dan Tanggal        : Kamis, 18 Oktober 2012
Tempat                        : Desa Binaan HIMASPAL, Demak
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan industri                kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
07.30-08.00
Persiapan
Edwin Wijaya, Wildan Achmad dan Rolan Purba
2.
08.00-09.00
Perjalanan menuju Desa Binaan
Ramudi Sembiring
3.
09.00-09.30
Pembukaan
Edwin Wijaya
4.
09.30-12.00
Mangrove In Action
Edwin Wijaya
5.
12.00-13.00
ISOMA
6.
13.00 -15.00
Bakti Sosial kepada warga setempat
Edwin Wijaya
7.
15.00-15.30
Istirahat dan Sholat
8.
15.30-16.30
Interaksi dengan warga setempat dan pemerinatahan setempat
Edwin Wijaya dan Wildan Achmad
9.
16.30-17.00
Penutupan
Edwin Wijaya
10.
17.00
Chek Out
Edwin Wijaya,





7.   Wisata Kuliner
Hari dan Tanggal        : Kamis, 18 Oktober 2012
Tempat                        : Sekitar Semarang
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan industri                kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
18.00-19.00
Sholat Magrib
2.
19.00-21.00
Wisata Kuliner
Rolan Purba
3.
21.00-22.00
Perjalanan pulang
Ramudi Sembiring

8.                                       Pelatihan Profesi
Hari dan Tanggal        : Jumat, 19 Oktober 2012
                              Tempat                        : Gedung Aula Teknik Sipil UNDIP Lt.3,Tembalang
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan industri                kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
08.00-08.30
Registrasi dan Pembagian Snack
Nanang Zarma dan Bayu Adityo
2.
08.30-09.00
Peserta sudah memasuki ruangan
Dandi dan Wildan Achmad
3.
09.00-09.30
Pembukaan
Rindianti Wibowo
4.
09.30-11.30
Pengenalan dan Pembelajaran Materi
Dandi dan Wildan Achmad
5.
11.30-11.45
Quiz
Norman Yasser Arazi
6.
11.45 -12.00
Hiburan Maba 2012
Dandi dan Wildan Achmad
7.
12.00-13.00
Istirahat dan Sholat
8.
13.00-15.00
Pelatihan
Dandi dan Wildan Achmad
9.
15.00-15.30
Istirahat dan Sholat
10.
15.30-16.00
Penutupan dan pemberian plakat
Dandi dan Wildan Achmad



9.   Marine Futsal
Hari dan Tanggal        : Kamis, 19 Oktober 2012
Tempat                        : Lap.Radja Futsal - Tembalang
Sasaran Kegiatan  : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan industri          kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
19.30-20.00
Perjalanan
Ramudi Sembiring
2.
20.00-22.00
Mulai pertandingan
Rolan Purba dan Dandi
3.
22.00
Penutupan dan Perjalanan pulang
Ramudi Sembiring


10.  Harmony Navalizm
Hari dan Tanggal        : Sabtu, 20 Oktober 2012
                              Tempat                        : Lapangan Baket GKB FT UNDIP - Tembalang
Sasaran Kegiatan        : Mahasiswa Kosentrasi Teknologi dan industri                kemaritiman se-Indonesia

No.
WAKTU
KEGIATAN
PENANGGUNG JAWAB
1.
08.00-08.30
Persiapan
Danu Henanntyo, Wildan Achmad dan Rolan Purba
2.
08.30-09.00
Pembukaan
Danu Henanntyo, Wildan Achmad dan Rolan Purba
3.
09.00-10.00
Pertujukan Minat dan Bakat dari HIMASPAL
Danu Henantyo
4.
10.00-10.30
Quiz
Norman Yasser Arazi
5.
10.30-12.00
Perayaan 10th Teknik Perkapalan Undip dengan talk show dosen dengan perwakilan IKAALUMNI UNDIP
Danu Henanntyo, Wildan Achmad dan Rolan Purba
6.
12.00 -13.00
ISOMA
7.
13.00-14.30
Pertunjukan Minat Dan Bakat dari HIMASPAL
Danu Henantyo
8.
14.30-15.00
Quiz dan game show
Norman Yasser Arazi
9.
15.00-15.30
Istirahat dan Sholat
10.
15.30-16.00
Pemberian hadiah dan pemberian plakat pada pemenang-pemenang
Danu Henanntyo, Wildan Achmad dan Rolan Purba
11.
16.00
Penutupan
Danu Henanntyo, Wildan Achmad dan Rolan Purba

11 . Rencana Anggran Dana
A.             PENGELUARAN
1.      Seminar Nasional (SEMNAS)
Konsumsi Acara:
            Peserta:
-Snack pagi 700 orang x @Rp 5.000                       Rp    3.500.000
-Makan siang 700 orang x @Rp 10.000                    Rp    7.000.000
-Air Mineral                                                          Rp       500.000
            Rp  11.000.000
            Dosen dan Pembicara:
-Snack pagi 50 orang x @Rp 10.000                       Rp       500.000   
-Makan siang 50 orang x @Rp 15.000                     Rp       450.000
-Air mineral                                                          Rp       150.000
            Rp    1.100.000
Acara: 
-Sertifikat 700 x @Rp 3.000                                Rp    2.100.000
-Biaya Pembicara,
  Pemerintahan 2 x @Rp 3.000.000                         Rp    6.000.000
  PT. Biro Klasifikasi Indonesia                               Rp    1.500.000
           Rp    9.600.000
            Transportasi dan Akomodasi:
-Transportasi tamu                                                   Rp       500.000 
-Transportasi pembicara                                           Rp    1.000.000
-Penginapan tamu 60 x @Rp 100.000                     Rp    6.000.000          
-Penginapan pembicara                                            Rp    1.000.000
Rp    8.500.000
Kesekretariatan:
-Fotocopy 3 materi  700 x @Rp 3.000                    Rp    2.100.000
-Surat izin dan undngan                                           Rp       500.000
Rp    2.600.000
            Perlengkapan:
-Tempat Gedung Prof. Soedarto, S.H.                    Rp    3.500.000
-Plakat 3 x @Rp 150.000                                        Rp       450.000
-Seminar Kit 500 x @Rp 10.000                             Rp    5.000.000
Rp    8.950.000
            Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                       Rp       300.000
-Spanduk                                                                  Rp    1.000.000
-Souvenir dan merchandise                                      Rp       500.000
-Pamflet 100 x @Rp 5.000                                      Rp       500.000
                                                                                                Rp    2.300.000
            Jumlah dana SEMNAS                                            Rp  44.050.000



2.      Barbewue in Action
Konsumsi Acara:
            Peserta:
-Konsumsi peserta 60 orang x @Rp 8.000              Rp       500.000
-Air mineral                                                              Rp       100.000
Rp       580.000
Transportasi dan Akomodasi:
-Transportasi peserta                                                Rp       500.000 
Perlengkapan:
-Alat untuk bakar jagung                                         Rp       300.000
-Sewa Tempat                                                          Rp       200.000
Rp       500.000
Jumlah dana Barbeque in Action                            Rp   1.600.000

3.      Design and Controling Robotboat Competititon ( DECONBOTION )
Konsumsi tamu:
-Malam 60 orang x @Rp 10.000                             Rp      600.000
Konsumsi Acara:
Peserta dan Panitia:
-Makan pagi 150 orang x @Rp 10.000                    Rp    1.500.000
-Makan siang 150 orang x @Rp 10.000                  Rp    1.500.000
Dosen dan Juri:
-Makan pagi 10 orang x @Rp 15.000                      Rp       150.000
-Makan siang 10 orang x @Rp 15.000                    Rp       150.000
-Air mineral                                                              Rp       500.000
Rp    3.800.000
Acara:
-Sertifikat 150 x @Rp 3.000                                   Rp       400.000
-Pemenang:
1) Juara 1                                                                Rp    5.000.000
2) Juara 2                                                                Rp    4.000.000
3) Juara 3                                                                Rp    3.000.000
4)Best of Design                                                    Rp    1.000.000
Rp  13.400.000
Transportasi dan Akomodasi:
-Transportasi 3 x @Rp 2.000.000                            Rp    6.000.000  
Kesekretariatan:
-Fotocopy peraturan  150 x @Rp 5.000                  Rp       750.000
-Surat izin dan undangan                                         Rp    1.000.000
-Cocard peserta 150x @Rp3.000                            Rp       400.000          
-Surat Penting yang Lain                                         Rp       300.000
Rp    2.450.000




Perlengkapan:
-Tempat (KODAM)                                                 Rp    5.000.000
-Plakat 4 x @Rp 150.000                                        Rp       600.000
-Perlengkapan race                                                   Rp    5.000.000
-Perlengkapan yang lain                                           Rp    1.500.000
Rp  12.100.000
Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                       Rp       300.000
-Spanduk                                                                  Rp    1.000.000
-Souvenir dan merchandise                                      Rp       500.000
-Transportasi publikasi                                             Rp    1.000.000
-Pamflet 100 x @Rp 5.000                                      Rp       500.000
Rp    3.300.000
Jumlah dana DECONBOTION                           Rp  35.650.000

4.      Naval Acoustic Day
Konsumsi Acara:
Peserta:
-Snack pagi 70 orang x @Rp 5.000                            Rp       350.000
-Makan siang 70 orang x @Rp 10.000                       Rp       700.000
-Air mineral                                                                 Rp       100.000
Rp    1.150.000
Dosen:
-Snack pagi 10 orang x @Rp 10.000                          Rp       100.000   
-Makan siang 10 orang x @Rp 15.000                       Rp       150.000
-Air mineral                                                                 Rp         50.000
Rp       300.000
Acara: 
-Sertifikat 50 x @Rp 3.000                                        Rp       150.000
-Pemenang
1) Juara 1                                                               Rp    2.000.000
2) Juara 2                                                               Rp    1.500.000
3) Juara 3                                                               Rp    1.000.000
4) Best of song                                                      Rp       500.000
Rp    5.150.000
Kesekretariatan:         
-Fotocopy  perturan 50 x @Rp 3.000                         Rp       150.000
-Surat izin dan undangan                                            Rp       500.000
-Cocard peserta 50x @Rp 3.000                                Rp       150.000
-Surat Penting yang Lain                                            Rp       150.000
Rp       950.000
Perlengkapan:
-Tempat (Dekanat FT UNDIP)                                   Rp       400.000
-Plakat 4 x @Rp 150.000                                           Rp       600.000
-CD                                                                             Rp    1.000.000
-Kertas penilaian                                                         Rp       150.000
-Spidol                                                                                    Rp       100.000
Rp    2.250.000
Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa camera digital 2 x @Rp 300.000                     Rp       600.000 
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                          Rp       300.000
-Souvenir dan merchandise                                         Rp       500.000
-Transportasi pblikasi                                                  Rp    1.500.000
-Pamflet 100 x @Rp 5.000                                         Rp       500.000
Rp    3.150.000
Jumlah dana Naval Acoustic Day                           Rp 12.950.000

5.      Education Tour For Navalist
Konsumsi tamu:
-Malam 60 orang x @Rp 10.000                                Rp       600.000
Konsumsi Acara:
Peserta dan Panitia:
-Makan pagi 150 orang x @Rp 10.000                       Rp    1.500.000
-Makan siang 150 orang x @Rp 10.000                     Rp    1.500.000
-Air mineral                                                                 Rp       300.000
                                                                                    Rp    3.300.000
Dosen dan Pembicara:
-Makan pagi 10 orang x @Rp 15.000                         Rp       150.000   
-Makan siang 10 orang x @Rp 15.000                       Rp       150.000
-Air mineral                                                                 Rp         50.000
                                                                                    Rp       350.000
Acara: 
-Pengajar di SGC                                                        Rp    1.000.000
-Pengajar di PIP                                                          Rp    1.000.000
-Biaya tak terduga                                                      Rp       500.000
                                                                                    Rp    2.500.000
Transportasi dan Akomodasi:            
-Bus                                         :@Rp 2.000.000 x 3    Rp    6.000.000
-Biaya masuk SGC                 :@Rp 10.000 x 150     Rp      1.00.000
-Biaya masuk PIP                   :@Rp 10.000 x 150     Rp      1.00.000
-Biaya masuk Mesjid Agung  :@Rp 10.000 x 150     Rp      1.00.000
-TOL & Parkir                         :                                   Rp       100.000
-Penginapan tamu 60 x @Rp 100.000                        Rp    6.000.000          
                                                                                    Rp  15.100.000

Kesekretariatan:
-Surat izin dan Undangan                                           Rp      500.000           
Perlengkapan:
-Note Book 150 x @Rp 3.000                                    Rp       450.000
Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                          Rp       300.000
-Plakat 2 x @Rp 150.000                                           Rp       300.000
-Spanduk                                                                     Rp    1.000.000
                                                                                    Rp    1.600.000
Jumlah dana Tour                                                    Rp  24.400.000

6.      Bajak Laut ( Bakti Sosial dan Ajakan Merawat Laut )
Konsumsi Acara:
Peserta dan Panitia:
-Makan pagi 150 orang x @Rp 10.000                       Rp    1.500.000
-Makan siang 150 orang x @Rp 10.000                     Rp    1.500.000
-Air mineral                                                                 Rp       300.000
Rp    3.300.000
Dosen dan Pembicara:
-Snack  pagi 10 orang x @Rp 15.000                         Rp       150.000   
-Makan siang 10 orang x @Rp 15.000                       Rp       150.000
-Air mineral                                                                 Rp         50.000
Rp       350.000
Acara: 
-Pengadaan mangrove 5000 bibit x @Rp500             Rp    2.500.000
-Bazar sembako 100 bungkus x @Rp20.000              Rp    2.000.000
-Biaya perawatan dan uang kas desa binaan               Rp       500.000
-Komisi Trainer                                                           Rp       200.000
-Biaya tak terduga                                                       Rp       500.000
Rp    4.700.000
Transportasi dan Akomodasi:            
-Rental Bus                             :@Rp 2.000.000 x 3    Rp    6.000.000
-TOL & Parkir                                                             Rp       100.000
-Transportasi bibit mangrove                                       Rp       300.000
-Penginapan tamu                    :60 x @Rp 100.000     Rp    6.000.000          
Rp  16.400.000
Kesekretariatan:
-Surat izin dan Undangan                                           Rp      500.000           
Perlengkapan:
-Tenda                                                                         Rp       500.000
-Bambu                                                                        Rp       300.000
Rp       800.000

Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                          Rp       300.000
-Plakat                                                                         Rp       150.000
-Spanduk                                                                     Rp    1.000.000
Rp    1.450.000
Jumlah dana Bajak Laut                                          Rp  27.500.000
7.      Wisata Kuliner
Acara:
-Konsumsi 100 x @Rp 30.000                                   Rp   3.000.000
Jumlah dana Wisata Kuliner                                   Rp   3.000.000

8.      Pelatihan Profesi
Konsumsi tamu:
-Pagi 60 orang x @Rp 10.000                                                Rp       600.000
-Malam 60 orang x @Rp 10.000                                Rp       600.000
Rp.   1.200.000
Konsumsi Acara:
Peserta:
-Snack pagi 300 orang x @Rp 5.000                          Rp    1.500.000
-Makan siang 300 orang x @Rp 10.000                     Rp    3.000.000
Dosen dan Trainer
-Snack pagi 10 orang @Rp 10.000                             Rp       100.000
-Mkan siang 10 orang @Rp 15.000                            Rp       150.000
-Air mineral                                                                 Rp       500.000
Rp    5.250.000   
Acara:
-Sertifikat 300 orang x @Rp 3.000                            Rp       900.000
-Trainer                                                                        Rp    2.000.000
Rp    2.900.000
Transportasi dan Akomodasi:
-Transportasi tamu                                                      Rp      500.000 
-Transportasi pembicara                                              Rp    1.000.000
-Penginapan tamu                                                       Rp    6.000.000
-Penginapan pembicara                                               Rp       600.000
Rp    8.100.000
Perlengkapan:
-Tempat (Aula Gedung T.Sipil)                                  Rp    1.500.000
-Penyambung kabel 60 x @Rp 50.000                       Rp    3.000.000
-Plakat                                                                         Rp       150.000
-Seminar kit 300 x @Rp 5.000                                   Rp    1.500.000
Rp    6.150.000
Kesekretariatan:
-Fotocopy materi 300 x @Rp 5.000                           Rp    1.500.000
-Surat izin dan undangan                                            Rp       500.000
Rp    2.500.000
Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                          Rp       300.000
-Pamflet 50 x @Rp 5.000                                           Rp       500.000
-Spanduk                                                                     Rp       250.000
Rp    1.050.000
Jumlah dana Pelatihan Profesi                                Rp  27.150.000
9.      Marine Futsal
Konsumsi Acara:
Peserta:
-Air mineral                                                                 Rp       300.000
Transportasi dan Akomodasi:
-Transportasi peserta                                                   Rp       350.000 
Perlengkapan:
-Sewa Tempat                                                             Rp       350.000
                                                                                                Rp    1.000.000          
Jumlah dana  Marine Futsal                                    Rp    1.000.000

10.  Harmony Navalizm
Konsumsi tamu:
-Pagi 60 orang x @Rp 10.000                                     Rp       600.000
-Siang 60 orang x @Rp 10.000                                   Rp       600.000
Rp    1.200.000
Konsumsi Acara:
Dosen dan IKAALUMNI :
-Makan siang 500 orang x @Rp 15.000                     Rp    7.500.000
-Air Mineral                                                                 Rp       500.000
Rp    8.000.000          
Acara: 
-Tenda                                                                         Rp    2.000.000
-Sound and system                                                      Rp    3.000.000
Rp    5.000.000
Transportasi dan Akomodasi:
Penginapan tamu 60 x @Rp 300.000                         Rp    6.000.000
Kesekretariatan:
-Surat izin                                                                    Rp      500.000
Perlengkapan:
-Tempat (Lapangan Basket GKB)                              Rp       500.000
-Tempat Pertumaan dengan IKAALUMNI               Rp    5.000.000
-Baju Panitia 100 x @Rp 70.000                                Rp    7.000.000
-Plakat 1 x @Rp 150.000                                            Rp       150.000
Rp    7.650.000
           
Publikasi, Dekorasi, dan Dokumentasi:
-Sewa Handycam 1 x @Rp 300.000                          Rp       300.000
-Spanduk                                                                     Rp    1.000.000
-Souvenir dan merchandise                                         Rp    1.000.000
-Pamflet 50 x @Rp 5.000                                           Rp       250.000
Rp    2.550.000
Jumlah dana Harmony Navalizm                            Rp  30.900.000

Jumlah anggaran  MARIFEST 2012                                  Rp208.200.000

B.     KONTRIBUSI PESERTA

1.      Seminar Nasional (SEMNAS) 700orang x @Rp 25.000     Rp17.500.000
2.      Design and Controlling Boat Competition
(DECONBOTION) 50 tim x @Rp 300.000                         Rp15.000.000
3.      Naval Acoustic Day 20 tim x @Rp 50.000                           Rp   1.000.000
4.      Pelatihan Profesi 100 tim x Rp 75.000                                 Rp   7.500.000
Jumlah anggaran kontribusi peserta                                  Rp 41.000.000
C.    PEMASUKAN
Dana Universitas                                                         Rp      10.000.000,-
Dana Fakultas                                                             Rp      10.000.000,-
Dana Jurusan                                                               Rp      10.000.000,-
Kontribusi Peserta                                                       Rp      41.000.000,-
Sponsorship                                                                 Rp    131.200.000,-  +
Total                                                                           Rp   208.200.000,-

13. Layanan Informasi
Pelaksanaan delegasi ini memberikan informasi Contact Person dari pelaksana kegiatan, jika perlu sesuatu yang kurang jelas dapat menghubungi ke :
1.      Josua Sahat Sinaga            085727585192            Ketua Pelaksana
2.      Fachrurrozi Setiawan        083842671330            Sekretaris
3.      Wildan Achmad S                        085737050062            Koorlap

12 . Penutup
Demikian Proposal MARITIME FESTIVAL 2012 and 10th of ANNIVERSARY S1 NAVAL ARCHITECTURE DIPONEGORO UNIVERSITY ini kami buat supaya digunakan dengan sebaik-baiknya.Dan semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan dan semoga kita selalu dalam Rahmat-Nya.Kami mengharapkan dari berbagai pihak untuk acara ini dapat sukses dan berjalan dengan lancar.Atas perhatiannya dan kerjasamaya kami ucapkan terima kasih.







PENAWARAN KERJA SAMA SPONSORSHIP
MARITIME FESTIVAL 2012
AND
10th ANNIVERSARY S1 NAVAL ARCHITECTURE
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Dalam rangka rangkaian kegiatan Maritime Festival And 10th Anniversary S1 Naval Architecture Diponegoro University Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan (HIMASPAL) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, maka kami selaku panitia pelaksana memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi untuk turut mensukseskan kegiatan tersebut, yaitu dengan menjadi sponsor pada kegiatan tersebut.
Oleh karena itu, dalam proposal ini kami hendak menawarkan berbagai bentuk kerjasama sponsorship beserta berbagai ketentuan yang dapat dijadikan acuan bagi pihak-pihak yang akan menjadi sponsor dalam kegiatan tersebut.menawarkan Kerjasama Sponshorship.
Adapun bentuk  kerjasama yang kami tawarkan adalah sebagai berikut :

1.             SPONSOR TUNGGAL  (XL)
Sponsor tunggal merupakan satu-satunya sponsor dalam kegiatan ini, dan panitia tidak menerima sponsor lain dalam bentuk apapun kecuali diadakan perjanjian antara pihak sponsor tunggal, panitia pelaksana dan pihak ketiga yang ikut serta menjadi sponsor dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pihak sponsor tunggal adalah pihak yang bersedia menanggung 80% biaya dari total biaya pelaksanaan yang tercantum dalam rencana anggaran kegiatan pada proposal ini yaitu sebesar Rp. 97.320.000,- (Sembilan Puluh Tujuh Juta Tiga Ratus Dua Puluh Ribu Rupiah). Dana harus dapat dipastikan dan diterima oleh panitia pelaksana kurang lebih empat bulan sebelum kegiatan berlangsung. Kompensasi yang dapat kami berikan kepada sponsor tunggal adalah :
A.      Sponsor tunggal berhak pencantuman  100% Logo sponsorship pada :
·      Spanduk kegiatan
·      Pamflet kegiatan
·      Brosur Kegiatan
·      Dekorasi kegiatan
·      Tampilan multi media
·      Co-card panitia
·      Kaos Panitia
·      Sertifikat Panitia dan peserta
B.       Memberikan merchandise sesuai dengan kesepakatan bersama panitia.
C.       Penyiaran promosi setiap jeda acara dan pencantuman nama sponsor pada publikasi kegiatan melalui media masa.
Catatan  :
¨             Ketentuan – ketentuan lain mengikuti uraian dalam  masing-masing dipenjelasan ketentuan sponsorship.
¨             Hal-hal yang belum diatur dapat dibuat kesepakatan secara bersama

2.             SPONSOR UTAMA (M)
Sponsor utama merupakan sponsor dari sebagian besar kegiatan ini, panitia berhak bekerjasama dengan sponsor lain. Sponsor utama adalah pihak yang bersedia menanggung 50% biaya dari total biaya kegiatan yang tercantum dalam rencana anggaran kegiatan pada proposal ini yaitu sebesar Rp. 60.825.000,- (Enam Puluh  Juta Delapan Ratus Dua Puluh Lima Ribu Rupiah).  Dana harus dapat dipastikan dan diterima oleh panitia pelaksana kurang lebih emapat bulan  sebelum kegiatan berlangsung. Kompensasi yang dapat kami berikan kepada sponsor utama :
A.    Sponsor utama berhak mengisi 50% ruang sponsorship pada :
·      Spanduk kegiatan
·      Pamflet kegiatan
·      Brosur Kegiatan
·      Dekorasi kegiatan
·      Tampilan multi media
·      Co-card panitia
·      Kaos Panitia
·      Sertifikat Panitia dan peserta
B.     Memberikan merchandise sesuai dengan kesepakatan bersama panitia.
C.     Penyiaran promosi setiap jeda acara dan pencantuman nama sponsor pada publikasi kegiatan melalui media masa.
Catatan  :
¨             Ketentuan – ketentuan lain mengikuti uraian dalam  masing-masing dipenjelasan ketentuan sponsorship.
¨             Hal-hal yang belum diatur dapat dibuat kesepakatan secara bersama

3.             SPONSOR UMUM (S)
Sponsor umum adalah sponsor yang bersedia memberikan partisipasinya minimal 25% biaya dari total biaya kegiatan yang tercantum dalam rencana anggaran kegiatan pada proposal ini yaitu sebesar Rp. 30.412.500,- (Tiga Puluh Juta Empat Ratus Duabelas  Ribu Lima Ratu Rupiah). Dana harus dapat dipastikan dan diterima oleh panitia pelaksana kurang lebih emapat bulan  sebelum kegiatan berlangsung. Kompensasi yang dapat kami berikan kepada sponsor umum :
A.    Sponsor utama berhak mengisi 25% ruang sponsorship pada :
·      Spanduk kegiatan
·      Pamflet kegiatan
·      Brosur Kegiatan
·      Dekorasi kegiatan
·      Tampilan multi media
·      Co-card panitia
·      Kaos Panitia
·      Sertifikat Panitia dan peserta
B.     Memberikan merchandise sesuai dengan kesepakatan bersama panitia.
C.     Penyiaran promosi setiap jeda acara dan pencantuman nama sponsor pada publikasi kegiatan melalui media masa.
Catatan  :
¨             Ketentuan – ketentuan lain mengikuti uraian dalam  masing-masing dipenjelasan ketentuan sponsorship.
¨             Hal-hal yang belum diatur dapat dibuat kesepakatan secara bersama

4.             SPONSOR PENDAMPING (P)
Sponsor pendamping adalah sponsor yang bersedia memberikan partisipasinya sesuai dengan keinginan sponsor. Dalam sponsorship ini panitia memberi kebebasan sponsor dalam menentukan bentuk dan biaya kerjasama yang akan disepakati oleh kedua belah pihak.
A.    Bentuk Fasilitas kerjasama :
·      Spanduk kegiatan, dengan ketentuan :
Ukuran                    : 7 m x 1m
Jumlah                    : 6 buah
Bahan                     : Kain Dasar Putih
Tarif                        : Rp 500.000,00 / buah
Pemasangan            : 1 bulan sebelum hari pelaksanaan kegiatan
Bentuk kerjasama   : Untuk percetakan potongan harga 60%
Contoh                    :






·         Pamflet kegiatan , dengan ketentuan:
Ukuran                    : A2
Bahan                     : Kertas Film Multiwarna
Jumlah                    : 2000 lembar
Pemasangan            : 1 bulan sebelum hari pelaksanaan kegiatan
Tarif                        : Rp 1.500.000,00 / 500 eksemplar
Bentuk kerjasama   : Untuk percetakan potongan harga 50%
Contoh                    :
·         Brosur Kegiatan,dengan ketentuan yang sama seperti  pamflet.
·         Co-card panitia dan peserta, dengan ketentuan:
Ukuran                    : ¼ A4
Bahan                     : Kertas Mika
Jumlah                    : 150 lembar
Pemasangan            : 1 bulan sebelum hari pelaksanaan kegiatan
Bentuk kerjasama   : Untuk percetakan potongan harga 50%
Tarif                        : Rp 3.000 / lemar
Contoh                  :


·           Dekorasi kegiatan,dengan ketentuan yang sama seperti spanduk
·           Tampilan multi media dengan ketentuan mengikuti kegiatan
·           Kaos Panitia, dengan ketentuan :
Bahan                     : Kaos Biasa
Jumlah                    : 150 buah
Pemasangan            : 1 bulan sebelum hari pelaksanaan kegiatan
Bentuk kerjasama   : Untuk percetakan potongan harga 50%
Tarif                        : Rp 70.000 / buah
Description: baju 










·         Sertifikat Panitia dan peserta, dengan ketentuan :
Ukuran                    : A3
Bahan                     : Kertas Asturo
Jumlah                    : 1000 lembar
Pemasangan            : 1 bulan sebelum hari pelaksanaan kegiatan
Bentuk kerjasama   : Untuk percetakan potongan harga 50%
Tarif                        : Rp 70.000 / buah
Contoh                    :
·         Memberikan merchandise sesuai dengan kesepakatan bersama panitia.
·         Penyiaran promosi dan quiz setiap jeda acara dan pencantuman nama sponsor pada publikasi kegiatan melalui media masa.
Bentuk kerjasama        : Sesuai kesepakatan bersam panitia
Jumlah                         : Sesuai kesepakatan bersam panitia
Biaya                           : Sesuai kesepakatan bersam panitia
·         Konsumsi kegiatan degan ketentuan :
Bentuk kerjasama        : Potongan harga 50%
Jumlah                         : Seluruh konsumsi kegiatan
·         Transportasi kegiatan degan ketentuan :
Bentuk kerjasama        : Potongan harga 50%
Jumlah                         : Seluruh konsumsi kegiatan  
  
Catatan :
¨             Desain spanduk, poster, pamflet, seminar kit dan cocard menjadi hak panitia.
¨             Seluruh bentuk fasilitas kerjasama oleh sponsor diserahkan dalam bentuk nominal atau dalam bentuk jadi, sebesar rencana biaya kepada panitia.
¨             Ketentuan – ketentuan lain mengikuti uraian dalam  masing-masing dipenjelasan ketentuan sponsorship.
¨             Hal-hal yang belum diatur dapat dibuat kesepakatan secara bersama.

5.             DONATUR
Donatur adalah Perusahaan, instansi atau perseorangan yang bermaksud memberikan bantuan sejumlah dana, barang atau jasa yang tidak ditentukan nilainnya, tanpa mengharapkan imbalan atau balas jasa apapun kepada panitia.

KETENTUAN SPONSORSHIP
1.        KETENTUAN UMUM
a.    Untuk menunjang suksesnya acara " Maritim Festival 2012" sebagai salah satu kegiatan Jurusan S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, panitia pelaksana menawarkan kerja sama pada berbagai pihak, baik perusahaan, instansi maupun perseorangan.
b.    Disediakan berbagai macam bentuk promosi seperti yang dikehendaki perusahaan, instansi maupun perseorangan.
c.    Bentuk kerja sama yang kami sediakan adalah Sponsor tunggal, Sponsor utama, Sponsor umum dan Sponsor pendamping.
d.   Keuntungan sponsor adalah :
·         Kentungan dalam memperkuat image perusahaan tersebut beserta produknya sehingga akan dikenal baik oleh masyarakat luas dan membuat masyarakat sebagai konsumen tertarik untuk menggunakan produk atau jasa tersebut.
·         Dikenal sebagai perusahaan yang peduli pada anak bangsa, peduli pada perkembangan dunia maritim Indonesia dan mendukung aksi perbaikan untuk lingkungan.
e.    Perusahaan, instansi maupun perseorangan yang bersedia untuk berpartisipasi, wajib mengisi berkas tanda partisipasi dan rencana bentuk promosi yang telah disediakan.
f.       Perjanjian kontrak kerjasama dapat dilakukan antara penanggung jawab pihak sponsor dengan panitia.
g.    Pengiriman barang dan uang dari sponsor kepada panitia dialamatkan pada :
Panitia MARITIM FESTIVAL 2012
•Sekretariat :
            Ruang Himpunan S1 Teknik Perkapalan (HIMASPAL)
            Program Studi S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro
            Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang Semarang
•Contact Person :
Josua Sahat Sinaga                  085727585192            Ketua Pelaksana
Fachrurrozi Setiawan              083842671330            Sekretaris
Wildan Achmad S                  085737050062            Koorlap




2.        KETENTUAN KHUSUS
a.    Materi iklan, logo, dan nama produk selambat-lambatnya sudah kami terima satu minggu sebelum pemasangan media publikasi yaitu tanggal 1 Juli 2012 .
b.    Ketentuan pembayaran :
·       Setiap jenis kerjasama disertai pembayaran uang muka 50% dari total biaya diserahkan pada saat penandatanganan surat kerjasama .
·       Pelunasan biaya selambat-lambatnya telah diterima pada waktu  dua minggu sebelum pelaksanaan kegiatan ini.
Apabila pihak sponsor tidak dapat mengirimkan, panitia bersedia melakukan pengambilan barang atau dana sesuai dengan kesepakatan.

Pembatalan kerjasama, apabila dilakukan oleh :
·         Pihak Sponsor, Maka panitia berhak mendapatkan 50 % dari total pembayaran seharusnya.
·         Pihak Panitia, Maka panitia akan mengembalikan sejumlah uang yang telah diterima panitia.
·         Jika ada sponsor tunggal, maka panitia berhak mengembalikan atau membatalkan paket sponsor, termasuk biaya yang telah masuk.
·         Masih bisa diadakan negosiasi antara panitia dengan pihak sponsor untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai harga biaya promosi dan biaya produksi.
Catatan          :
Ø  Ketentuan yang belum tecantum di atas dapat diputuskan berdasarkan kesepakatan bersama.







LEMBAR KERJA SAMA

(Lembar 1  untuk sponsor)
                       
Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama                           :                                                                                              
Perusahaan/Instansi     :                                                                                              
Alamat                                    :                                                                                              
Telp.                            :                                                                                              

Selanjutnya disebut pihak I
Nama                           :                                                                                              
Instansi                        :                                                                                              
Alamat                                    :                                                                                              
Telp.                            :                                                                                              

Selanjutnya disebut pihak II
Dengan ini membuat pernyataan dan perjanjian kerja sama sebagai berikut :
1.      Pihak I ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pihak II dalam   bentuk :
a.                                                                                                                     
b.                                                                                                                    
c.                                                                                                                     
2.      Penyerahan kekurangan dari pihak I kepada pihak II akan diselenggarakan pada
Hari                 : ____________________________________________
Tanggal            : _______________________________________________
3.      Pihak I dan pihak II menyepakati ketentuan yang telah diatur dalam ketentuan sponsorship.

Demikian pernyataan ini kami buat dengan sesungguh-sungguhnya tanpa ada unsur pemaksaan dan keberatan.

Ditetapkan di              : .................................
Tanggal                       : ................................. 2012


            Pihak I                                                                         Pihak II
           




(                                  )                                                (                                  )

LEMBAR KERJA SAMA

(Lembar 1  untuk sponsor)
                       
Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama                           :                                                                                              
Perusahaan/Instansi     :                                                                                              
Alamat                                    :                                                                                              
Telp.                            :                                                                                              

Selanjutnya disebut pihak I
Nama                           :                                                                                              
Instansi                        :                                                                                              
Alamat                                    :                                                                                              
Telp.                            :                                                                                              

Selanjutnya disebut pihak II
Dengan ini membuat pernyataan dan perjanjian kerja sama sebagai berikut:
4.      Pihak I ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pihak II dalam   bentuk :
a.                                                                                                                     
b.                                                                                                                    
c.                                                                                                                     
5.      Penyerahan kekurangan dari pihak I kepada pihak II akan diselenggarakan pada
Hari                 : ____________________________________________
Tanggal            : _______________________________________________
6.      Pihak I dan pihak II menyepakati ketentuan yang telah diatur dalam ketentuan sponsorship.

Demikian pernyataan ini kami buat dengan sesungguh-sungguhnya tanpa ada unsur pemaksaan dan keberatan.

Ditetapkan di              : .................................
Tanggal                       : ................................. 2012


            Pihak I                                                                         Pihak II
           




(                                  )                                                (                                  )

Postingan populer dari blog ini

TUGAS MERANCANG KAPAL 1

PENGERJAAN REPARASI KAPAL

PROSES PEMBANGUNAN KAPAL